Sunday, March 11, 2012

Cara Mengurangi Kanker dengan Olahraga

Menderita penyakit kanker bagi sebagian orang menjadi 'mimpi' buruk menakutkan. Menghabiskan biaya cukup besar untuk pengobatan, kanker bisa berujung kematian.

Karenanya, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit mematikan ini mulai dari menjaga pola makan, mengurangi stres hingga rajin melakukan aktivitas olahraga yang diklaim banyak riset dapat mengurangi risiko terkena kanker pada usia 30 tahun.
Berdasarkan penelitian yang dilansir American College of Sports Medicine's di Seattle menyebutkan bahwa melakukan aktifitas fisik lebih dari satu jam dalam seminggu di usia 30 tahun ke atas, diyakini dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker payudara pada kaum perempuan.

Dalam riset tersebut, Lisa Sprod beserta rekannya dari University of Northern Colorado, Greeley, menanyakan kepada sekitar 4296 responden perempuan mengenai aktivitas fisik yang mereka lakukan selama masa hidupnya.

Tim peneliti membagi responden ke dalam empat tingkatan usia, yaitu 10-15 tahun, 15-30 tahun, 30-50 tahun dan 50 tahun ke atas.

Kemudian tim peneliti juga menanyakan berapa lama biasanya mereka melakukan olahraga, apakah kurang dari 60 menit, sekitar 60 menit atau lebih dari 60 menit.

Dari hasil riset ditemukan bahwa aktivitas perkembangan sel kanker payudara pada perempuan yang melakukan aktifitas fisik di usia antara 10-30 tahun, ternyata tidak terlalu terlihat perbedaanya.

Namun pertumbuhan sel kanker tersebut secara signifikan berkurang pada perempuan yang aktif berolahraga di atas usia 30 tahun.

Lebih lanjut tim peneliti mengungkapkan, pada kelompok perempuan berusia 30-50 tahun yang mengaku aktif berolahraga, pertumbuhan sel kanker payudara dapat diminimalisir dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga.

Begitu pula dengan kelompok perempuan yang rajin melakukan aktivitas fisik lebih dari 60 menit saat usia mereka di atas usia 50 tahun. Risiko sel kanker berkembang hanya sedikit dialami perempuan berusia tersebut bila dibandingkan dengan perempuan yang melakukan aktivitas fisik kurang dari 60 menit setiap minggunya.

Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan sel kanker akan berkurang pada perempuan yang rajin melakukan aktivitas fisik di atas usia 30 tahun.

Pesan yang dapat disampaikan adalah bahwa melakukan aktifitas fisik di atas usia 30 tahun kemungkinan besar berperan dalam mengurangi risiko kanker payudara, ungkap Lisa.

[inilah.com]

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

3 Responses:

Syndicate OS said... Reply

kunjungan kedua kesini
maff jika komentarnya kurang bermutu
:)

Syndicate OS said... Reply

@Syndicate OS: test reply
:)

Mhar Zhun said... Reply

@Syndicate OS: OK