Monday, June 18, 2012

Cara Mudah membuat LINUX sendiri - Open Sourch

Cara Mudah membuat LINUX sendiri - Membuat Distro Linux – Salah satu kelebihan dari sistem operasi open source adalah kita bebas mendistribusikannya kembali tentunya setelah kita memodifikasinya dan menjadikannya sebuah distro sendiri. Setelah beberapa waktu yang lalu saya sharing tentang tempat download wallpaper ubuntu, kali ini saya akan sharing cara mudah membuat distro linux sendiri dengan menggunakan aplikasi bernama ubuntu builder spesial untuk anda semua pengunjung setia blog sebuah catatan digital dunia open source ini.

Ubuntu builder sendiri merupakan sebuah tool untuk memudahkan anda dalam membuat distro linux sendiri, ubuntu builder akan membantu anda untuk mengekstrak, mendownload, memodifikasi dan membangun ulang file image ubuntu yang anda miliki. Kelebihan lainnya adalah anda bisa memilih distro anda akan support untuk arsitektur i386 atau amd64.

Berikut langkah-langkah membuat distro linux sendiri menggunakan Ubuntu Builder

1. Agar pekerjaan membuat distro linux sendiri tidak eterlalu lama ada baiknya jika anda sudah mempersiapkan file .iso dari ubuntu yang hendak di modifikasi.

2. Silahkan download paket .deb dari ubuntu builder terbaru dengan mengklik link ini

3. Setelah terdownload install ubuntu builder dengan cara mengklik kanan file ubuntu-builder kemudian klik Open With Ubuntu Software Center

4. Akan terbuka jendela Ubuntu Software Center klik install untuk memulai menginstall ubuntu builder.

5. Setelah proses installasi selesai, jalankan ubuntu builder melalui dash


6. Setelah ubuntu builder berjalan, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melengkapi informasi seputar distro yang akan anda buat, kemudian silahkan buka file ISO yang hendak anda modifikasi dengan mengklik tombol Select ISO
7. Setelah file ISO siap, selanjutnya anda tinggal mensetting bagian customization sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai anda bisa mengklik tombol build ISO


8. Proses membuat distro linux sendiri selesai

Jika sudah selesai anda bisa mencoba sendiri terlebih dahulu hasil distribusi yang anda buat tersebut, kemudian mulai dengan menyebarkannya kepada teman-teman dekat anda untuk mengenalkan lebih jauh tentang dunia open source.

Semoga tutorial Cara Mudah Membuat Distro Linux Sendiri dengan Ubuntu Builder diatas bisa bermanfaat untuk anda semua pengunjung blog Sebuah Catatan Digital Dunia Open Source yang sangat setia. Silahkan berkunjung kembali dilain waktu jika ada kesempatan, tinggalkan komentar anda pada kotak komentar di bawah jika ada yang ingin didiskusikan. Salam dan Selamat mencoba membuat distro linux sendiri. (sumber umb.web.id)

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

1 Responses:

Unknown said... Reply

wah asik nih kalau bisa buat distro linux sendiri sobat, saya mau buat distri linux ashtho