Saturday, November 10, 2012

Solusi Membeli Komputer Second atau Bekas

Solusi Membeli Komputer Second atau Bekas - Admin mharjipes mengulas tentang Solusi Membeli Komputer Second atau Bekas Untuk saat ini komputer mungkin bisa dikategorikan kebutuhan yang penting, baik itu PC ataupun Laptop. Karena memang tuntutan jaman yang setiap detiknya terus berkembang pesat, sehingga banyak berbagai hal kebutuhan yang harus melibatkan Komputer. Dengan komputer, kita sangat terbantu dalam penyelesaian masalah. Bahkan komputer memiliki kemampuan memecahkan berbagai masalah dalam waktu yang sangat cepat, seperti perhitungan matematika, membuat dokumen, membuat logo, edit photo, edit video, menggambar, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita manfaatkan dari kegunaan komputer.

Solusi Membeli Komputer Second atau Bekas 

Komputer bisa juga kita jadikan sebagai sarana hiburan untuk menghibur diri disaat kita strees dengan aktifitas sehari-hari. Banyak tersedia fasilitas permainan yang bisa dipasang dalam komputer, baik online ataupun offline.

Selanjutnya jika anda tertarik, atau berniat ingin membeli komputer karena terdorong kebutuhan seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Atau hanya ingin dijadikan sarana hiburan penghilang rasa jenuh karena kesibukan aktifitas sehari-hari. Namun dana yang anda miliki kurang mencukupi untuk membeli sebuah komputer baru, akhirnya anda memutuskan untuk membeli sebuah komputer bekas/second. Menurut saya jika memang anda terbentur dana untuk membeli sebuah komputer baru, komputer bekas juga tidak masalah karena dari segi kualitas komputer bekas tidak akan kalah dengan komputer baru, asal kita pandai saja dalam memilih sebelum kita membeli komputer bekas/second.

Oke sekarang saya akan berikan Sedikit Solusi Dalam Membeli Komputer Bekas :

    Monitor = Monitor adalah perangkat keras komputer untuk menampilkan gambar/video. Sebelum anda memutuskan membeli komputer bekas, pastikan dulu monitornya masih bagus atau sudah bermasalah. Caranya nyalakan monitor, coba setting pada bagian Brightness beri nilai 0%, dan setting juga pada bagian Contrast beri nilai 100%. Hasilnya, jika tampilan monitor hitam gelap maka monitor masih bagus, tapi jika monitor agak kebiru-biruan atau warna selain hitam gelap berarti monitor bermasalah. Dan anda harus perhatikan, ketika monitor dinyalakan maka gambar layarnya harus tidak goyang. Kalau monitor waktu dinyalakan lalu gambar layarnya goyang, maka monitor tersebut juga sudah bermasalah.

    Motherboard = Motherboard adalah komponen induk komputer tempat memasang prosessor, memori, harddisk, dan komponen lainnya. Saya sarankan juga sebelum anda membeli komputer bekas, cek juga motherboard-nya. Memang dalam mengecek motherboard ini, sepertinya anda harus didampingi sama yang ahli dalam bidang komputer :(  Yang penting motherboard harus mempunyai slot yang lengkap untuk keperluan upgrade nantinya.

    Prosessor = Prosessor merupakan otak dari semua proses yang ada di komputer. Semakin tinggi nilai kecepatan prosessor, semakin tinggi juga kinerja komputer dalam melakukan proses. Maka untuk itu sebelum anda membeli komputer bekas, mengecek prosessor merupakan hal yang penting agar anda tidak menyesal nantinya. Cek prosessor, apakah kecepatan atau frekuensinya sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak?

    Harddisk = Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan semua data file di dalam komputer. Harddisk mempunyai daya tampung, semakin besar kapasitas harddisk, maka semakin besar juga data yang dapat ditampung oleh harddisk. Sebelum melakukan transaksi cek juga harddisk-nya. Dengarkan putaran piringan harddisk, jika terdengar suara berisik, maka harddisk sudah tidak normal. Tapi untuk cek harddisk apakah ada bad sector-nya atau tidak, anda harus menjalankan program dengan menyalakan komputer. Periksa setiap partisi harddisk dengan cara klik kanan pada partisi harddisk pilih Properties. Lalu klik menu Tool dan klik Check Now, Centang semua pilihan klik Start. Selanjutnya komputer akan melakukan pengecekan pada saat booting komputer, klik Yes, Restart komputer. Lihat hasilnya, jika yang tertulis Bad Sector = 0 berarti kondisi harddisk masih bagus.

    RAM/Memory = RAM (Random Access Memory) atau biasa disebut Memory, memiliki fungsi membantu proses transfer data pada CPU, semakin besar kapasitas RAM yang dipakai, semakin cepat proses yang terjadi pada komputer. Untuk cek juga Memory komputer yang bekas yang hendak anda beli, apakah kapasitasnya sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum?

Untuk memeriksa semua sefesikasi komputer mulai dari Prosessor, Memory, dan lain-lain apakah sesuai dengan yang ditawarkan atau sesuai tidaknya dengan yang anda inginkan, caranya adalah sebagai berikut :

Masuk ke Bios Setup, dengan cara hidupkan atau restart komputer. Pada saat BOOT tekan F1, F2, F10, atau DEL pada keyboard (tetapi bisa juga berbeda pada komputer anda) dan periksa kelengkapan seluruh peralatan;

Bisa juga dengan cara, nyalakan komputer lalu klik kanan pada My Computer pilih Properties;
Selanjutnya bisa dengan cara, klik Start lalu klik Run ketik dxdiag terakhir klik OK. Just for Fun semoga artikel ini bermanfaat..!

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

3 Responses:

BlogS of Hariyanto said... Reply

saran saya..sebaiknya beli yang baru saja, karena harga baru dan harga bekas tidak beda jauh..dan yang paling penting adalah yang baru memiliki tekonologi yang lebih tinggi daripada yang bekas :-)

Mhar Mharjipes said... Reply

Blog of Hatyanto@ Mantabbb komentarnya.. saya setujuh sama Sobat

jianto slaluadanya said... Reply

sarn sya bli yang baru saja,,lebih aman,dn bergarnsi resmi,,klo bekas,,mungkin komponen komponennya ush pada di ganti,,trus gk lm deh umurnya,,trus mati,,,jngan smpe menyesal nntinya