Tuesday, April 10, 2012

Solusi Mengatasi rasa nyeri saat Haid

Solusi Mengatasi rasa nyeri saat Haid - Dismenorea atau yang lebih dikenal dengan nyeri haid adalah keluhan yang sering dialami wanita pada bagian perut bawah. Nyeri haid merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal. Nyeri yang sering dirasakan saat haid tidak hanya terjadi pada bagian perut bawah saja. Beberapa remaja perempuan kerap merasakannya pada punggung bagian bawah, pinggang, panggul otot paha atas hingga betis.

Macam-macam Nyeri Haid
Macam-macam nyeri haid, yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu :

    Dismenore primer merupakan nyeri menstruasi yang bukan disebabkan oleh kelainan pada panggul dan daerah sekitarnya.  Serangan nyeri ini bisa bersifat hilang timbul atau menetap. Biasanya, nyeri terasa 24 jam sebelum menstruasi dan berakhir 24-36 jam setelah menstruasi berhenti. Dismenore ini terjadi sekitar 2 atau 3 tahun setelah menstruasi pertama dan mencapai klimaksnya pada saat wanita berusia 15- 25 tahun. Setelah itu, rasa nyeri akan menurun seiring bertambahnya usia dan menghilang dengan sendirinya ketika wanita melahirkan. Meskipun sakit, dismenore ini tidak berbahaya ataupun menyebabkan gangguan kesuburan.

    Dismenore sekunder, yaitu terjadi ketika usia sudah melebihi 20 tahun. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan kelainan yang berasal dari daerah panggul dan organ di dalamnya. Nyeri ini bisa terjadi seminggu sebelum menstruasi dimulai dan akan semakin kuat saat menstruasi. Nyeri ini akan hilang setelah dua hari atau lebih setelah menstruasi berhenti.

Untuk memastikan tipe dismenore, bisa dilakukan dengan pemeriksaan ginekologis. Berbagai perubahan seperti jumlah dan lama menstruasi, sakit ketika burhubungan seksual, serta bagian tubuh yang sakit dapat membantu pemeriksaan.

Penanganan Nyeri Haid
Penanganan dismenore bergantung dari jenisnya. Setelah mengetahui jenis dismenore, maka dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

    dismenore primer, kebanyakan wanita akan diberi obat anti peradangan bukan steroid (NSAD) yang menghambat produksi serta kerja prostaglandin. Bisa juga dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxenen yang banyak dijual bebas di pasaran. Meski obat ini dapat dibeli bebas, disarankan agar pasien berkonsultasi dulu dengan dokter.
    dismenore sekunder ditangani dengan mengidentifikasi dan mengobati penyebabnya. Jika disebabkan oleh endometriosis, maka yang harus dilakukan adalah menangani endometriosisnya agar nyeri bisa dikurangi.

Larangan Pada Saat Haid

Yang Perlu Dijauhi Saat Haid (bertujuan mengurangi rasa sakit) dan Anjuran Lainnya Saat Menstruasi. Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat dan es

Tips Sederhana Untuk Mengurangi Rasa Sakit Perut Saat Datang Bulan
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
  • Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang)
  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi
  • Minum minuman hangat terutama yang mengandung kalsium tinggi
  • Menggosok-gosok perut/pinggang yang sakit dengan sesuatu yang hangat
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi (kaki menekuk ke arah dada)
  • Jika kamu ingin menggunakan obat pereda rasa nyeri, obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari
  • Tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi 500mg jika dibutuhkan dan tidak ada riwayat maag kronis, terutama seminggu sebelum menstruasi
  • Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih
Rating: 4.5

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

0 Responses: