Thursday, July 12, 2012

Ciri ciri Orang yang Sok tahu - Mengetahui Karakternya

Mengenal Ciri ciri Orang yang Sok tau - Kali Mharjipes akan mengulas tentang Mengetahui Ciri ciri Orang yang Sok tahu Okay langsung saja kita simak ulasan berikut ini

1. Suka berdebat tanpa pertimbangan matang
Karena merasa pintar, ia jadi suka mengikuti atau membuka “arena laga otak”. Namun sayangnya, sebenarnya ia hanya terlalu percaya diri akan kepintarannya sehingga pertimbangannya kurang matang. Tidak selamanya memenangkan yang benar dan mengalahkan yang salah adalah keputusan yang tepat. Pada umumnya yang lebih mendekati kebenaran adalah yang menghargai perbedaan sudut pandang.

2. Berusaha memberi kesan betapa luas pengetahuannya
Orang yang sok tahu cenderung pamer betapa banyak ia membaca. Padahal, pembacaaanya tidak secara mendalam, hanya sepintas lalu.

3. Mengandalkan status
Menginformasikan bahwa ia adalah sang ahli, menjejerkan gelar akademik dan status lainnya adalah senjata andalan orang sok tahu. Padahal yang menentukan kedalaman pengetahuan bukanlah apa gelarnya melainkan bagaimana efektivitas proses belajarnya.

4. Memposisikan diri sebagai hakim
Orang yang sok tahu cenderung cepat menuduh orang. Padahal seharusnya pahami dahulu mengapa orang ini begini dan orang itu begitu sampai cukup objektif menghakimi seseorang. Hal ini sangat sulit dan belum tentu esensial, itulah alasannya mengapa orang yang bijak berpikir ratusan kali untuk menjadi hakim.

5. Menyimpulkan tanpa dasar yang kuat
Jangan terlalu memudahkan persoalan. Dasar yang kuat untuk pengambilan kesimpulan adalah fakta dan logika dari penyelidikan yang secermat-cermatnya.

6. Enggan membaca
Inilah yang membedakan orang yang benar-benar tahu dengan yang sok tahu. Jika malas membaca pengetahuan kita akan lenyap bagai kamper. Semula wangi tetapi lama kelamaan menguap.

7. Enggan menulis
Ini juga yang membedakan ‘ulama (ahli ilmu) dengan yang sok tahu. Jika membaca membuat kaya, maka menulis membuat tajam dan berdiskusi membuat jeli (Prof. Didik J Rachbini).
Terinspirasi dari Budi A. Marahimin

sumber

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

0 Responses: