Monday, October 24, 2011

Aplikasi Penjelajah Tata Surya dari NASA


Badan Antariksa AS, NASA, mengembangkan aplikasi penjelajah tata surya berbasis web yang bisa diakses khalayak umum. Aplikasi bernama "Eyes of the Solar System" itu menyuguhkan interface yang merupakan gabungan teknologi video game dan data NASA sehingga memungkinkan pengguna menjelajahi keseluruhan tata surya dan menjajaki misi NASA yang telah dan sedang berlangsung.
"Ini adalah pertama kalinya publik bisa melihat tata surya dan misi yang sedang kita lakukan secara real time. Ini membuktikan komitmen NASA untuk terus membagi pengetahuan yang kami miliki pada siapa pun," kata Jim Green, direktur Planetary Science Division seperti dikutip Physorg, Minggu (4/9/2011).
Lingkungan virtual yang diciptakan dalam aplikasi ini menggunakan mesin game Unity untuk menyuguhkan model planet, satelit, asteroid, komet dan wahana antariksa seiring pergerakan seluruh benda angkasa tersebut di Tata Surya. Hanya dengan keyboard dan mouse, pengguna bisa sampai di penjuru Tata Surya yang diinginkan.
Untuk memakai aplikasi ini, pengguna bisa mengunduh plug in yang tersedia secara gratis. "Anda bebas untuk bergerak ke seluruh Tata Surya. Melihat apa yang wahana antariksa NASA lihat, tahu di mana mereka tanpa meninggalkan komputer," kata Blaine Baggett, manager Communication and Education, Jet Propulsion Laboratory, NASA di Pasadena.
Pengguna juga dijanjikan bisa merasakan pengalaman misi NASA secara real time dengan mengakses Eyes of the Solar System. Selain itu, pengguna juga bisa menjelajah waktu. Ini karena Eyes of the Solar System dilengkapi dengan data NASA sejak tahun 1950 hingga proyeksi pada tahun 2050 mendatang. Tingkat playback bisa dipercepat maupun diperlambat.
Misalnya ketika pengguna ingin tahu tentang misi wahana antariksa Juno yang diluncurkan pada 5 Agustus 2011 lalu, pengguna tinggal mengatur kecepatan playback. Jika meningkatkan kecepatan, pengguna bisa menikmati perjalanan Juno selama 5 tahun hanya dalam beberapa detik.
Kelebihan lain, sudut pandang bisa diubah dari jauh hingga tepat di dekat wahana antariksa. Lokasi, pergerakan dan penampakan didasarkan pada prediksi dari data NASA. Kontrol, pop up, menu video dan lainnya akan membantu pengguna dalam mengakses aplikasi ini. Pengguna bisa memilih mode 2D ataupun 3D dengan memakai kacamata khusus.
"Dengan mendasarkan visualisasi pada data misi NASA, aplikasi ini akan membantu NASA dan publik untuk memahami kompleksitas misi antariksa," kata Kevin Hussey, Manager Visualization Technology Application and Development di Jet Propulsion Laboratory.
Eyes of the Solar System kini telah dirilis versi beta-nya. Aplikasi ini telah didemonstrasikan di Southwest Interactive Conference di Austin, Texas, beberapa saat lalu. Kini, pengembang aplikasi masih akan terus meng-update aplikasi, salah satunya dengan memasukkan misi GRAIL ke Bulan dan Curiosity ke Mars. Anda yang ingin menggunakannya bisa menuju ke alamat Ini
atau anda Ingin Instal Secara manual Klik Download
Sumber: Kompas

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

12 Responses:

Ipanrock said... Reply

wah keren tuh sob..
makasih infonya sob. sangat bermanfaat

ipanrock

dimasputra1312 said... Reply

kayaknya pernah ngintip di suata Forum Comunity terbesar nih *celangakcelinguk

wkwkwk. tapi keren bro :)

ViKrY'X MadZ said... Reply

follow no 37.. di tunggu follow backnya at http://vikrymadz.blogspot.com/

Web-Mhar Blog said... Reply

@Ipanrock Sama-sama Gan..

Web-Mhar Blog said... Reply

@dimasputra1312 Di download klo keren Mass!!

Web-Mhar Blog said... Reply

@ViKrY'X MadZ FolowBack Succes Gan..

menuju puncak kesuksesan said... Reply

sukses bro,,banggaku kenal ko..terharuka ine

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) said... Reply

wahhh saya jadi bisalihat planet planet yang jaraknya jauh banget dari bumi :D thanks ya

Web-Mhar Blog said... Reply

@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177)sama-sama Gan..!!
Kasih atas kunjungannya..

Web-Mhar Blog said... Reply

@menuju puncak kesuksesan Hahaha,, ALAAYYY

wisata bali said... Reply

keren,,kapan ya indonesia bisa

varises said... Reply

makasih banyak ya gan buat infonya