Thursday, December 29, 2011

Aku Belajar dari Hujan

Malam telah larut saat saya meninggalkan kampus Telah lewat pukul 10 malam Pekerjaan yang menumpuk Membuat saya harus pulang selarut ini, Ah, hari yang menjemukan saat itu.Terlebih, setelah beberapa saat berjalan Warna langit tampak memerah Rintik hujan mulai turun .

Lengkap……..Sudah, badan yang lelah ditambah dengan “acara” kehujanan,

Setengah berlari Saya mencari tempat berlindung Untunglah, penjual nasi goreng yang mangkal Di pojok jalan, mempunyai tanda sederhana Segera saya berteduh, menjumpai bapak penjual Yang sendirian ditemani rokok dan lampu petromak Yang masih menyala Dia menyilahkan saya duduk

“Disini saja, daripada kehujanan……………… ”Begitu katanya saat saya meminta ijin berteduh

Hujan mulai deras, dan kami makin terlihat Dalam kesunyian yang pekat Karena merasa tak nyaman Atas kebaikan bapak penjual dan tendanya Saya berkata,….. Tolong bikin nasi goreng pak, di makan disini saja ..

Sang Bapak tersenyum, dan mulai menyiapkan tungku apinya Dia tampak sibuk Bumbu dan penggorengan pula telah siap untuk di racik Tanganya yang cekatan sekali Meraih botol kecap dan segenap bumbu Segera saja, nasi goreng yang mengepul telah terhidang.Keadaan yang semula canggung mulai hilang..

Basa-basi saya bertanya….“ Wah hujannya tambah deras nih,Orang-orang makin jarang yang keluar ya Pak? ” Bapak itu menoleh kearah saya dan berkata “ Iya dik, jadi sepi nih dagangan saya……….”Katanya sambil menghisap rokok dalam-dalam “Kalau hujan begini,……… Jadi sedikit yang beli ya pak?” kata saya,“Wah, rezekinya jadi berkurang dong ya?”Duh. Pertanyaan yang bodoh. Tentu saja tak banyak yang membeli Kalau hujan begini Tentu, pertanyaan itu Hanya akan membuat Bapak itu tambah sedih Namun, agaknya saya keliru………..Bapak hanya bilang kepada saya“Gusti Allah, ora sare dik,…(Allah itu tidak pernah istirahat), begitu katanya”“Rezeki saya ada dimana-mana Saya malah senang kalau hujan begini Istri sama anak saya di kampung Pasti dapat air buat sawah Yah, walaupun nggak lebar, tapi lumayan lah tanahnya”Bapak itu melanjutkan,……… “Anak saya yang disini pasti bisa ngojek payung Kalau besok masih hujan……………….”Tampaklah pertunjukkan sebuah pengalaman yang tak dapat Diraih dalam waktu sebentar.

Aku berdoa agar diberikan kekuatan…..Namun…Allah memberikanku cobaan agar aku kuat menghadapinya Aku berdoa agar diberikan kebijaksanaan……Namun….Allah memberikanku masalah agar aku mampu memecahkanya.Begitulah, saya sering takjub pada hal-hal kecil yang ada di depan saya.Allah memang selalu punya banyak rahasia,Dan mengingatkan kita dengan cara yang tak terduga.Selalu saja, Dia memberikan Cinta kepada saya lewat hal-hal yang sederhana Dan hal-hal itu, kerap membuat saya menjadi semakin banyak belajarBenar saja, Degh..Dugh, hati saya bergetar. Bapak itu benar, “Gusti Allah ora sare”.Allah memang Maha Kuasa, Yang tak pernah istirahat Buat hamba-hambaNya…Saya rupanya telah keliru memaknai hidup.Filsafat hidup yang saya punya,Tampak tak ada artinya Di depan perkataan sederhana itu.Maknanya terlampau dalam, membuat saya berpikir Dan menyadari kekerdilan saya di hadapan Tuhan Lumayan, pikir saya Dalam perjalanan pulang, hanya kata itu yang teringat Gusti Allah Ora Sare…….. Gusti Allah Ora Sare……..Laa ta khudzuhuu sinatunwalaa nauum….Hmmm…..saya makin bergegas Beribu pikiran tampak seperti lintasan-lintasan cahaya Yang bergerak di benak saya “Ya Allah, Engkau Memang Tak Pernah Beristirahat”Untunglah, hujan telah reda, Dan saya pun telah selesai makanDulu, saya berharap, bisa melewati tahun ini Dengan hal-hal besar,Dengan sesuatu yang istimewa.Saya sering berharap, saat saya bertambah usia, Harus ada hal besar yang saya lampaui Seperti tahun sebelumnya,

Saya ingin ada hal yang menakjubkan saya lakukan.Namun, rupanya tahun ini Allah punya rencana lain buat saya.Dalam setiap doa saya, seing terucap agar saya Selalu dapat belajar dan memaknai hikmah kehidupan.Dan kali ini Allah pun tetap memberikan saya yang terbaik.Saya tetap belajar, dan terus belajar,Walaupun bukan dengan hal-hal besar dan istimewa Aku berdoa agar diberikan kecerdasan…..Namun…Allah memberikanku otak dan pikiran Agar aku dapat belajar dari-Nya.Aku berdoa agar diberikan cinta dan kasih sayang……Namun….Allah memberikanku orang-orang yang luka hatinya Agar aku dapat berbagi dengannya.Aku berdoa agar diberikan kebahagian….Namun….Allah memberikan pinta kesempatan Agar aku dapat memanfaatkannya….

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

50 Responses:

Bshokler said... Reply

Sukses lah, Kalau Saya belajar Dari Pengalaman tanpa dibekali keahlian khusus.

awan said... Reply

weehh mantep masbro :D, semangat terus dah, saya mendukungmu :P
dan jangan menyerah.. jangan menyerahh jangan menyerahhh aaaaaa << kata de nasib :P

IT-Soft Center said... Reply

wah.....betul gan....kita harus belajar dari pengalaman dan mengambil hikmahnya.......jika kita di beri kesempatan kitapun harus memanfaatkannya........wah saya banyak belajar dari artikel anda ini....saya jadi makin sadar klo saya sering tidak memanfaatkan ksempatan yng diberikan Allah ............

dokunimus said... Reply

Gusti Allah ora sare ( tidak tidur ).
So, lakukan yang terbaik dan tetap selalu ingat dengan sing gawe urip ( yang membuat hidup ), lan sing maring rizki ( yang memberi rizki ).

salam 7 FB.

MHARJIPES.COM said... Reply

@Bshokler: thanks Mas broth

MHARJIPES.COM said... Reply

@awan: siip

MHARJIPES.COM said... Reply

@IT-Soft Center: Thanks udah memahaminya

MHARJIPES.COM said... Reply

@dokunimus: Thanks atas kunjungannya Sobat,
Salma Balik dariku

ArhyErna_Blog said... Reply

sob gimana perkembangan blogQ oia mwka ganti domain tapimaslahnya blumpie bagus meta tagku dan SEOnya juga blum berkembang,,,!!!!

Si Kompi said... Reply

belajar dari alam memang memiliki banyak makna dan hikmah

BlogS of Hariyanto said... Reply

hujan itu rahmat ALLAH, dan semua anugrah-nya tiada pernah terhenti mengealir setiap saat melimpah kepada semua hamba-NYA..tanpa pernah istirahat..walau terkadang hamba-NYA lebih banyak istirahatkan diri terhenti sujud beribadah kepada-NYA :-)

DODE-XP.COM said... Reply

ada award silahkan diambil ;)

BLOGCUNAYZ said... Reply

kalo ane belajar dari pengalaman sob,thank untuk ilmunya :)

Sinisterys said... Reply

jangan patah semangat mas :D

Outbound Malang said... Reply

hm, dalam menghadpi tantangan hidup kita harus selalu optimis..
never give up sobat..
oke

ditunggu kunjungan baliknya ya.
thanks :)

mania-xp said... Reply

maaf sob , pada kalimat terahir itu "pintu kesempatan" apa "pinta kesempata".???

#hehehe...

Teja HTC said... Reply

Mantaps sob... :D
Lanjutkan .......... :)

Tukang Ngompol said... Reply

Aku belajar dari sobat ku yang satu ini :D

Farixsantips said... Reply

ya kalau di pikir pikir hujan itu banyak sekali pelajaran yang dapat diambil :) salah satu bagian dari alam wajib kita syukuri dan mengerti apa maksdunya :)

Musa Khairul Umam said... Reply

Belajar bisa dari mana saja sob.... :)

Black Angel Syndicate said... Reply

Mantap Sobat... Mampir balik blog ane sobat... Ada postingan nhe... Comment ya... Thx

Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, SOFTWARE, GAME, TIPS N TRICK, dll

Dayz said... Reply

luar biasa agan ini, sesama mahasiswa, harus memberi dukungan neh :)
hidup emng keras, semangaaaaaaaaaaaaaaaat ^^

Hariswae said... Reply

inspiratif skali gan ceritanya...ok

MHARJIPES.COM said... Reply

@ArhyErna_Blog: Loh kok Curhat disini Chat aku ajha yagh!

MHARJIPES.COM said... Reply

@Si Kompi: Bener Soba,
thanks atas Kunjungannya!

MHARJIPES.COM said... Reply

@DODE-XP.COM: Oke ke TKP

MHARJIPES.COM said... Reply

@BLOGCUNAYZ: Sama-sama Sob

MHARJIPES.COM said... Reply

@Outbound Malang: OK

MHARJIPES.COM said... Reply

@mania-xp: terserah Sobat yg mana mnurut sobat Bnar!

MHARJIPES.COM said... Reply

@Teja HTC: Siip

MHARJIPES.COM said... Reply

@Tukang Ngompol: iya benar tukang NgompoL

MHARJIPES.COM said... Reply

@Farixsantips: Thanks atas Masukannya sobat

MHARJIPES.COM said... Reply

@Musa Khairul Umam: iya nigh

MHARJIPES.COM said... Reply

@Black Angel Syndicate:OK, ke TKP

MHARJIPES.COM said... Reply

@Dayz: Semangat Mahasiswa

Dayz Hidayat said... Reply

blum ada entri baru ya sob ?
ttep setia nunggu ane neh :D
klo ada infokan ya masbro :D

Rama88 said... Reply

tetap semangat aja sob, semoga semakin sukses, :) maaf baru sempet mampir, lagi sibuk sama kerjaan, hehe, :)

Asis Sugianto said... Reply

pengalam memng selalu memberikan pembelajran yg baik buat kita sob...

BLOGCUNAYZ said... Reply

absen sore sob,sambil nunggu postingan selanjutnya :D

Black Angel Syndicate said... Reply

Mantap sobat... Mampir Balik blog ane ya sob...
Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, dll

cardiacku said... Reply

Belajar banyak dari tukang nasi goreng tadi...

abufarras said... Reply

Kunjungan silaturahmi saudaraku..Maaf baru bisa bersilaturahmi disini.
Terima kasih atas berbagi artikelnya ini.Mengingatkan kepada kita semua bahwa bersyukur atas segala nikmat Allah adalah keharusan bagi kita semua

Alprablog™ said... Reply

banyak hal yg dapat saya petik dari artikel ini...

Black Angel Syndicate said... Reply

Jalan-Jalan Lagi... Mampir balik blog ane ya sob... Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, dll

ladidacafe said... Reply

di sisi ketika kita "merasa" ngga diuntungkan dan ngga sesuai apa yg kita inginkan, di sisi lain kita dapat manfaat lain yg jarang kita sadari, Tuhan memang tidak tidur..

Fajar said... Reply

Wow... Artikelnya bagus banget gan... Bintang 5!!!!!

Sugeng said... Reply

Saya pernah membaca tulisan yang inspratif seperti ini tapi lupa ada dimana. Huf... dasar diri ini pelupa :D


Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Ego Dafma Dasa said... Reply

sangat bermanfaat artikelnya.hal tersebut membuat saya ingat bahwa segala yang diberikan Tuhan kepada kita adalah yang terbaik buat kita.salam kenal...

MHARJIPES.COM said... Reply

@@ALL: Sekali lg Thanks atas Partispasinya Sobatku

ArhyErn@_BloG said... Reply

jadikan motivasi sobatku,

thanks yaa