Thursday, February 02, 2012

Perjalanan Hidup Simple Plan

Pada tahun 1996, band Reset dibentuk oleh Pierre Bouvier, Chuck Comeau, Philippe Jolicoeur, dan Adrian White.[1] Reset melakukan tur di Kanada bersama MxPx, Ten Foot Pole, dan Face to Face, walaupun mereka tidak terlalu berhasil mendapatkan popularitas.[2] Album perdana mereka, No Worries, dirilis pada 1999. Tak lama, Chuck Comeau pergi dari band untuk masuk kuliah.[1] Dua tahun kemudian dia bertemu dengan teman-temannya semasa SMA, Jeff Stinco dan Sébastien Lefebvre, yang pada saat itu sedang berada di band mereka masing-masing, dan mereka berniat untuk bergabung membentuk band sendiri.[1] Sementara itu, Reset merilis Album kedua mereka, No Limits. Suatu hari, Comeau dan Bouvier bertemu kembali di konser Sugar Ray[2] dan Bouvier meninggalkan Reset untuk bergabung dengan Comeau. David Desrosiers lalu menggantikan posisi Bouvier di Reset, tetapi dia jga meninggalkan Reset enam bulan kemudian dan bergabung dengan Bouvier.[1][2] Hal ini membuat Bouvier dapat berkonsentrasi pada posisi vokal, setelah sebelumnya sempat merangkap mengisi posisi vokal sekaligus bass.

Asal nama Simple Plan tidaklah jelas. Ketika ditanya, para personel band sering memberikan jawaban berupa lelucon, termasuk salah satunya adalah karena mereka membentuk band sebagai sebuah "rencana dadakan" untuk menghindari bekerja di restoran cepat saji. Tapi bagaimanapun, kemungkinan paling besar, nama "Simple Plan" diambil dari judul film "A Simple Plan",[3][4] atau lagu karya Piebald berjudul "Just a Simple Plan".
[sunting] 2002: No Pads, No Helmets…Just Balls

Pada Maret 2002, Simple Plan merilis studio album pertama mereka, No Pads, No Helmets...Just Balls yang dilanjutkan denga dirilisnya singel: "I'm Just a Kid", "I'd Do Anything", "Addicted", dan "Perfect". Simple Plan tercatat mengatakan bahwa mereka menginginkan album yang murni pop-punk.[5] Judul album ini mengacu pada sebuah frasa populer dari olahraga rugby, "No pads, no helmets, just balls."

Album ini mula-mula dirilis di Amerika Serikat dengan isi dua belas lagu, dengan lagu terakhir "Perfect". Namun edisi bonus dan edisi luar negeri kemudian muncul dalam berbagai versi dengan tambahan dua lagu pada dua belas lagu asli. Sebagai contoh, di edisi Amerika terdapat lagu bonus "Grow Up", dan "My Christmas List", sementara edisi Inggris terdapat lagu "One By One" dan "American Jesus" (live, lagu oleh Bad Religion), termasuk bonus dua video klip "I'd Do Anything" dan "I'm Just a Kid".



Di album ini juga terdapat vokal dari penyanyi dari dua band pop-punk lain, seperti dalam "I'd Do Anything" terdapat vokal Mark Hoppus dari Blink-182, dan dalam "You Don't Mean Anything" terdapat vokal Joel Madden dari Good Charlotte.

Pada tahun 2002, tahun saat Simple Plan merilis album ini, Simple Plan tampil di lebih dari 300 pertunjukan, menduduki posisi puncak chart "Alternative New Artist", dan tampil pada tur Jepang dimana tiketnya terjual habis.[6] Pada 2003, mereka tampil sebagai salah satu band utama di Vans Warped Tour. Juga sebuah penampilam yang terekam dalam sebuah film komedi kritik, Punk Rock Holocaust, dimana empat dari mereka diceritakan terbunuh. Mereka juga tampil dalam Warped Tour tahun 2004 dan 2005. Juga di 2003, mereka menjadi aksi pembuka untuk tur "Try To Shut Me Up" milik Avril Lavigne.[6] Sebagai tambahan beberapa tur, mereka juga menjadi aksi pembuka untuk Green Day dan Good Charlotte.[6] Album ini terjual 1 juta copy hingga awal 2003 tetapi album ini telah terjual 4 juta copy di seluruh dunia, menjadikan album tersukses mereka secara komersial.
[sunting] 2004: Still Not Getting Any…

Pada Oktober 2004, Simple Plan merilis album kedua mereka yang berjudul Still Not Getting Any..., yang nantinya diikuti oleh singel "Welcome to My Life", "Shut Up!", "Untitled (How Could This Happen to Me?)", dan "Crazy".

Seperti disebutkan sebelumnya, ketika menulis materi album "No Pads, No Helmets…Just Balls", para personel Simple Plan menginginkan album yang murni pop-punk. Tetapi kali ini, dalam proses menulis album "Still Not Getting Any…", mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin membatasi diri mereka pada genre punk, tetapi agaknya membiarkan diri mereka untuk menulis "musik yang baik".[5]
Simple Plan tampil di Massachusetts pada Mei 2005.

Berdasarkan bonus DVD dari "Still Not Getting Any…", selama pembuatan album, para personel Simple Plan sempat memikirkan beberapa nama unutk album ini, seperti "Get Rich or Die Trying" dan "In The Zone". Mereka memilih nama "Still Not Getting Any…" (arti: Masih Tidak Bisa Mendapatkan … satupun) untuk beberapa alasan. Alasan yang paling terkenal dan kira-kira paling mewakili adalah karena mereka berpikir bahwa mereka belum mendapatkan penilaian yang bagus, Pierre Bouvier menambahkan bahwa mereka baru mendapatkan satu penilaian yang baik, yaitu dari Alternative Press. Alasan yang lain adalah bahwa saat itu mereka masih belum mendapatkan respek yang baik. Ada banyak lagi alasan yang diutarakan oleh mereka, karena kata apapun benar-benar dapat diletakkan di bagian elipsis pada judul tersebut. Chuck Comeau menambahkan bahwa nama album tersebut "serba guna".

Sementara itu , dari segi musik "Still Not Getting Any…" menunjukkan perubahan yang dramatis dari gaya bermain Simple Plan. Mereka masih dapat menjaga gaya mereka untuk tetap menggunakan lirik downbeat yang dipadu dengan musik upbeat, tetapi mereka berhasil untuk keluar dari standar genre pop-punk. Walaupun banyak lagu dari album ini yang masih membawakan perasaan labil seorang remaja seperti lagu "I'm Just a Kid" dari album mereka sebelumnya, secara umum album ini cenderung ke tema lirik yang lebih dalam dan lebih dewasa, termasuk juga suara musik yang terdengar sedikit lebih keluar dari gaya pop-punk murni. Beberapa penilaian profesional menekankan pada penyertaan elemen rock "klasik" dan "tendensi", mengatakan bahwa album ini "tidak menekankan pop-punk yang sangat aktif dalam tujuan membentuk rock modern yang dibentuk dengan rapi dan tidak basa-basi".[7]
[sunting] 2008: Simple Plan

Setelah sekitar satu setengah tahun dalam tur "Still Not Getting Any…", mereka mengakhiri tur tersebut pada Februari 2006, untuk kemudian mengambil waktu istirahat singkat sebelum memulai pekerjaan pada album ketiga mereka. Pierre Bouvier melalui situs blog MySpace resminya mengatakan bahwa ia sedang menuju Miami pada 21 Maret 2007 untuk bekerja dengan seorang produser yang saat itu belum diketahui siapa, yang kemudian diketahui adalah Dave Fortman. Simple Plan mulai memasuki studio untuk tahap pra-produksi di Los Angeles pada 29 Juni. Pada 15 Juli mereka kembali ke Montreal untuk merekam lagu mereka di Studio Piccolo, studio yang sama tempat mereka merekam "Still Not Getting Any…." Ketika mereka selesai merekam seluruh lagu, mereka kembai ke Miami untuk tahap mixing dan mastering. Beberapa sentuhan akhir pada album dilakukan di New York dan album mereka resmi selesai pada 21 Oktober 2007, walaupun kemudian mereka kembali ke studio untuk merekam ulangabeberapa lirik dalam lagu "Generation".
Simple Plan tampil dengan empat personel di Dubai pada 5 Desember 2008 karena ketidakhadiran David Desrosiers

"When I'm Gone", singel pertama dari album Simple Plan dirilis pada 29 Oktober 2007. Album Simple Plan diproduseri oleh Dave Fortman, yang terkenal atas kerjanya dengan Avril Lavigne dan Kelly Clarkson. Pada 17 Februari 2008, Simple Plan mendapatkan posisi chart tertinggi mereka di Inggris, setelah dua album sebelumnya gagal memasuki chart disana. Pada 29 November 2007, Simple Plan mengumumkan akan menunda tanggal rilis album dari sebelumnya 29 Januari 2008 menjadi tanggal 12 Februari 2008. Mereka juga merilis album dengan label "Japan version", dengan tambahan 2 lagu, yang dirilis seminggu lebih awal, yaitu pada 6 Februari 2008. Album ini adalah album yang paling gagal menuai sukses jika dibandingkan dengan seluruh album mereka.[8]

Setelah menyelesaikan tur promosional internasional mereka, Simple Plan tampil pada beberapa acara liburan pada Desember 2007. Pada 1 Juli 2008, mereka membuat konser gratis di Quebec City, Plains of Abraham, menarik 150.000 penonton ke acara Canada Day.[9] Setelah kemabali dari Asia tengah dan timur pada akhir Juli, mereka kembali pada tur ke seluruh Kanada[10] bersama dengan Faber Drive dan Cute is What We Aim For.[11] Metro Station dan The All-American Rejects sebenarnya dijadwalkan untuk ambil bagian dalam tur tersebut, namun dibatalkan karena suatu hal. Mereka kembali pada tur penuh Eropa kedua mereka pada 28 Oktober hingga 29 November, dengan Estonia dan Polandia untuk pertama kalinya. Simple Plan juga tampil di Tel Aviv dan Dubai pada awal Desember, dimana pada konser ini mereka tampil dengan empat personel mengikuti absennya bassist David Desrosiers karena masalah keluarga dan digantikan sementara oleh Sébastien Lefebvre untuk mengisi posisi bass.
[sunting] 2011: Get Your Heart On!

Simple Plan merilis album keempat mereka yang berjudul Get Your Heart On! pada 21 Juni 2011. Album ini diproduseri oleh Brian Howes.[12][13] Album mereka kali ini adalah kali kedua mereka berkolaborasi dengan artis lain sejak album No Pads, No Helmets...Just Balls bersama Mark Hoppus (Blink-182) dan Joel Madden (Good Charlotte). Pada album ini, mereka berkolaborasi dengan Rivers Cuomo (Weezer), Natasha Bedingfield, K'naan dan Alex Gaskarth (All Time Low).[14] Pada 20 April mereka mengumumkan bahwa "Jet Lag" akan menjadi singel pertama dari album ini. Lagu tersebut dirilis dalam versi Inggris dan Perancis dimana Simple Plan berkolaborasi dengan Natasha Bedingfield dan Marie-Mai pada masing-masing lagu.[15] Untuk mempromosilan lagu tersebut, sebuah layanan bernama "JetLag Airlines" dibuat di situs web mereka, berisi berita, lirik, daftar lagu, dan video terkait album keempat mereka. "Jet Lag" diputar perdana pada 25 April, sementara video musiknya dirilis pada 4 Mei bersama Natasha Bedingfield dan 16 Mei bersama Marie-Mai.



Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

55 Responses:

Mania-Xp said... Reply

pertamaX...

dokunimus said... Reply

Berawal dari rencana sederhana jadilah simple paln yang terkenal.

Pertamax kah ?

Mharjipes dot Com said... Reply

@Mania-Xp: wah bikin kaget ajha ente

baru mau posting udah koment

Mharjipes dot Com said... Reply

@dokunimus: wahh pertamaxnya udah lewat tugh

berawal dari blogger Nubi jadi Pro

hahah

Arief Rachmadi Blogger Pemula said... Reply

mantap gan. . . Coba cri yg a7x. . Pasti mantap lg tho

Muhammad Hidayat said... Reply

wah keren nih gan :)
oya gan tukeran link yuk, saya sudah pasang link agan di blog saya silahkan cek di http://anakgilaonline.blogspot.com/

randy oktaran said... Reply

welcome to my life,lagu yang paling gue suka dari simple plan,lagunya sederhana penuh arti bagi gue

Putrie Jrs said... Reply

i love simple plan :D

welcome to my life and jetlag. biggest one
:D

Blognya kerenn :) gmbr efekny bgus

ancha said... Reply

bolehlah...,,,

anisayu said... Reply

sederhana awal terus terkenal
wah sungguh mantab benar :)

Mharjipes dot Com said... Reply

@Arief Rachmadi Blogger Pemula: iyaa oke sob nanti saya cariin

Mharjipes dot Com said... Reply

@Muhammad Hidayat: oaky sob bentar saya pasang

Mharjipes dot Com said... Reply

@randy oktaran: klo aku sigh mending suka semuanya

Mharjipes dot Com said... Reply

@Putrie Jrs: i love yu too
heheh

thanks ea

Mharjipes dot Com said... Reply

@ancha: siip

Mharjipes dot Com said... Reply

@anisayu: Eaa :)

Blogger Blegedes said... Reply

bner banget.. berawal dari sebuah wacana kecil dan berakhir dengan kebanggan serta kegembiraan...:D

system of blog said... Reply

moga tetep solid nih band :D

ArhyErn@_BloG said... Reply

ini dy nigh band fav gue bangett

Some-One said... Reply

wow super banget nigh blog

Mhar Zhun said... Reply

@Blogger Blegedes: betul sobat keak kita2 ini berawal dari blogger nubi menjadi blogger
pro
wkwwk

Mhar Zhun said... Reply

@system of blog: iya sobat semoga ajha nigh ea

Raihan Marie Ramadhan said... Reply

Ane kurang begitu dekat dengan simple plan ini,hehe.Makasih banyak info komplinya sop.
Nice blog,nice share,thanks ya,Happy blogging

Tiesa said... Reply

satusatunya lagu simple plan yg disuka

WELCOME TO MY LIFE! :D

dhenok habibie said... Reply

hmm, lengkap banget mas.. saya kurang begitu paham dengan simple plan, dan bahkan asal usul namanya saja baru tahu dari postingan ini.. tapi saya jga suka beberapa lagunya.. dan eh eh, vokalisnya juga ganteng.. hahahaha :D

Torayasurabaya said... Reply

Hmhmhm baru dengar yang namanya simple plan :D

BlogS of Hariyanto said... Reply

wow..ulasan history yang sangat detail plus lengkap tentang simple plan...keren daeng :-)

wahid sahidu said... Reply

band favorit ane nich gan setelah blink 182, mantepp

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda said... Reply

Yang tadinya berada di posisi rendah menjadi yang tertinggi :D

Windows Blog said... Reply

panjang bnget perjalanan kariernya simple plan, salut bnget,,,

Dwi Yulianto said... Reply

simpleplan dan kotak juga bagus...:)
nice info

Blogger Blegedes | Support Me said... Reply

berkunjung lagi sobat..sambil nunggu postingan terbarunya.. ^_^

keep blogging N salam 7FB :D

susu segar said... Reply

wah komplet amat mi profilnya. . .. . .

Diat said... Reply

Simple plan. JaDi ingat masa SMP dulu

Hairun NisYa said... Reply

Bermula dari yang kecil maka akan menjadi sesuatu yang besar pada akhirnya nanti...

VENOMIA said... Reply

penggemar simple plan nih bro..keren biografinya.. request fav bandku "My Chemical Romance" ea haahhaah...nice infonya bro..

Alprablog™ said... Reply

pasti dengan kerja keras untuk mencapai popularitas :D

Vlousblog said... Reply

gw fans nya nih

MHARJIPES.COM said... Reply

@ALL: makasih ea karena udah main kemari

Bimz Saputra said... Reply

Blogazine Kerenn

Mhar Zhun said... Reply

@Bimz Saputra thanks yaa

Some-One said... Reply

berkunjung lagi nigh gan sambil nunggu posting terbarunya

wahid sahidu said... Reply

Balik lagi ni gan ngunjungi sobat
salam 7 FB

Putrie Jrs said... Reply

Gara-gara posting ini, aku jadi fansnya Simple Plan loh, aseeek :D

HEЯRY said... Reply

dulu pernah punya tuh cd aslinya simple plan, tapi sekarang entah kemana :D

ArhyErna_Blog said... Reply

mantap sobat..!!! keren juga perjungannya hingga bisa menjadi saat ini sobat... I Like Simple Plan... simple plan perfect sob...!!!

Blogger Blegedes said... Reply

Berkunjung lagi,, sambil nunggu Subuh berkumandang,,, ^_^

wahid sahidu said... Reply

masih belum ada yang barunya ya gan yaudah ijin coret coret kotak komentarnya dech kalau gitu :D

Mhar Zhun said... Reply

@Putrie Jrs: thanks yaa gan karena udah ngefans ama aku wkwkwk

Mhar Zhun said... Reply

@HEЯRY: yaa kok diilangin sigh

Mhar Zhun said... Reply

@ArhyErna_Blog: siip gan

Mhar Zhun said... Reply

@Blogger Blegedes: mantab sobat

Mhar Zhun said... Reply

@wahid sahidu: thanks yaa karena uda nunggu

Fahri Samudra said... Reply

Pantes ya sob, namanya simple plan, hehehe, ambil hikmahnya dari perjalanan hidup band ini yuk sob... :) Wah, blognya keren banget nih mas, unik, tampilan HOME sama POSTINGANnya beda mas, kereeenn...

Follow G+ Pages R10 said... Reply

aku bukan penggemarnya simple plan :)