Sunday, March 25, 2012

Bagaimana Cara Marah Seorang Guru..?

Setelah melakukan aktivitas dan kepikiran pekerjaan lain yang masih menumpuk, Sahabat harus mengajar siswa yang suka berulah. Ramai dan sulit diatur. Ketika ditanyai tentang pelajaran, tanpa wajah penyesalan siswa menjawab “tidak tahu” kemudian kembali ramai. Bagaimana Cara Marah Seorang Guru..?

ARRRGGGHHH….

Di saat-saat seperti itu akan muncul pilihan tindakan yang bisa dilakukan. Pertama, mendekati si siswa bermasalah, mengebrak mejanya dan berkata, “Kamu ini begitu saja tidak bisa, makanya kalau ada orang bicara jangan ngobrol sendiri, MENGERTI !!!”

Atau yang kedua, mendekati si siswa bermasalah, menepuk bahunya dan berkata,“Dek… Kalau kamu tadi memperhatikan pelajaran, kamu pasti bisa menjawab pertanyaannya. Sekarang, kamu mau memperhatikan pelajaran tidak? Karena nanti saya akan tanyai kamu lagi?” Kemudian tidak lupa memberikan senyum bersahabat ke arahnya.

Nah, pilahan pertama mungkin akan membuat emosi yang sudah terpendam akan terluapkan dan lega. Akan tetapi, efektifkah? Berbeda dengan pilihan yang kedua. Menahan emosi dan tetap bersahabat dengan si pembuat masalah. Memang pilihan ini bukanlah hal yang mudah. Tapi disinilah bedanya pilihan seseorang yang menjadikan guru atau pengajar sebagai profesi.

Kali ini saya coba berbagi tips agar pilihan kedua dapat kita lakukan.

1. Memandang semua siswa itu baik

Buang jauh-jauh label yang pernah kita dengar tentang siswa yang kita ajar. Misalnya si A itu nakal atau si B itu malas.

2. Hindari sensitifitas pribadi

Seringkali kita berinteraksi dengan siswa di luar kelas. Nah, apabila kita pernah tersinggung dengan prilaku siswa ketika di luar kelas, segeralah lupakan.

Hanya dua tips yang saya bagikan. Silahkan tambahkan di kolom komentar apabila ada Sahabat yang memiliki tips lain. Semoga dapat mengingatkan kita akan profesi yang telah kita pilih ini. Selamat mengajar!
-Vivalog

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

0 Responses: