Wednesday, March 07, 2012

Cara Merawat Gigi pada Anak

Sejak lahir bayi perlu mendapat perawatan pada mulutnya. Sebagaimana yang dilansir dalam laman tipsforhealth.org, di saat baru lahir, bayi mempunyai 20 gigi susu yang tertanam di dalam gusi.

Untuk itu perawatan mulut dan gigi pada bayi sejak dini sangat penting. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan untuk bayi Anda:

1. Saat gigi belum tumbuh, sekali-kali bersihkan gusi dan lidah bayi Anda dengan kain kasa. Hal ini bertujuan untuk menjaga gigi dan gusi dari plak dan kuman. Pada usia enam bulan sampai satu tahun, gigi pertama akan tumbuh.

Di saat itu, sikat gigi bayi Anda dengan menggunakan sikat kecil dan digosok dengan lembut. Tapi ingat, jangan gunakan pasta gigi pada bayi di bawah dua tahun.

2. Seperti kita ketahui, makanan utama bayi adalah susu. Tapi kebanyakan minum susu juga tidak baik karena akan banyak jumlah bakteri yang menumpuk pada permukaan gigi. Oleh karena itu, saat bayi Anda beranjak satu tahun, periksakan gigi bayi ke dokter gigi.

Terlebih lagi, bila bayi Anda suka mengempeng atau mengisap jari tangannya. Dokter pasti akan menyarankan Anda dan memberi tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

3. Di usia dua tahun, anak Anda perlu diajarkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Anda juga harus rutin periksakan gigi anak ke dokter minimal setiap enam bulan sekali.

Perawatan gigi sejak dini sangat perlu bagi anak Anda. Sehingga saat mereka mulai besar, gigi mereka akan sehat dan kuat. Selamat mencoba.(ULF)

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

8 Responses:

Susu Segar said... Reply

nanti ah klo aku sidah punya istri aku bilangin hehehee

mania-xp said... Reply

oke sob, entar kalau dah punya anak akan saya kasih tahu.

agusbg said... Reply

emang perlu perawatan gigi untuk balita, keponakan saya giginya pada bolong2 hehe...

TORAYASURABAYA said... Reply

Perlu diterapkan sejak dini itu perawatan gigi :D

Mhar Zhun said... Reply

@Susu Segar: iya

Mhar Zhun said... Reply

@mania-xp: hahaha iya good

Mhar Zhun said... Reply

@agusbg: wkwkwkwk

Mhar Zhun said... Reply

@TORAYASURABAYA: iya betul juga mas