Thursday, March 15, 2012

Tips Mengajari Sifat Baik pada Anak

Menjadi orang baik atau jahat dimasa depan nanti itu tergantung pada masa kanak-kanak. Jika si anak diberi pendidikan yang baik, pasti dia akan menjadi orang baik. Jadi pendidikan sejak dini itu sangat penting.

Mendidik anak sebenarnya tidak harus di sekolah favorit atau unggulan, mendidik anak di rumah juga bisa menjadi hal yang baik. Hanya saja Anda harus mengetahui cara yang benar saat mendidiknya.

 Berikut cara ajari sifat baik pada anak. Simak baik-baik yah!

1. Jadilah teladan yang baik.

Anak-anak meniru apa yang orangtuanya perbuat dan katakan. Jika anak Anda suka membentak temannya, maka kemungkinan besar ia melihatnya dari Anda yang pernah melakukan hal yang sama pada orang lain. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengajarkan hal dan sikap yang baik pada buah hati Anda, maka Anda harus mempraktekkannya terlebih dahulu.

 2. Hati-hati saat Anda emosi.

Seringkali masalah dalam keluarga membuat Anda emosi. Hati-hatilah saat Anda sedang emosi, jangan sampai Anda mengamuk atau memukul pasangan. Karena bisa jadi anak Anda akan meniru perilaku Anda ini. Lebih baik kendalikan emosi Anda dengan baik agar anak Anda menjadi anak yang baik.

3. Ajari mereka sopan satun.

Buatlah aturan bahwa tidak seorang pun di dalam rumah bisa mendapatkan apapun jika tidak disertai dengan minta tolong. “Tolong bantu mama buang sampah ini sayang,” – kalimat ini baik dan lebih sopan ketimbang “Hayo, buang sampah ini!”
Ajarkan anak Anda kesopanan dalam berkata atau bertindak. Maka Anda akan merasa bangga jika harus menghadapi kerabat dan teman-teman karena buah hati Anda tahu sopan santun.

 4. Dorong mereka untuk berempati.

Ungkapkan kepada anak betapa Anda mengasihi mereka. Misalnya, mengingatkan mereka untuk membawa payung saat musim hujan tiba, mengobati luka mereka karena terjatuh, pasti anak Anda akan tahu betapa Anda mengasihi mereka. Jika sudah terbiasa, bukan tidak mungkin mereka juga akan mengasihi teman-teman mereka.

5. Hargai tiap kebaikannya.

Agar anak semakin giat melakukan hal-hal baik, Anda bisa memberinya pujian pada setiap perbuatan baik mereka. Anda bisa memberi pujian, pelukan atau ucapan terimakasih atas semua bantuannya. Dijamin anak Anda akan lebih terpacu lagi untuk melakukan hal baik.

Pendidikan yang terbaik adalah pendidikan yang diberikan oleh orangtua. Jadi teruslah menjadi orangtua yang baik agar anak Anda menjadi anak yang baik pula.

[ciricara.com]

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

5 Responses:

muhammad hidayat said... Reply

wah,,manteb nih sob..heheh

keep blogging sob, di tunggu kunjungan baliknya yah :)

Dhedi | Sinjai said... Reply

Artikel yg bermanfaat sobat.
di tunggu kunjungan baliknya.

..::Salam Blogger::..

dhenok habibie said... Reply

point nomor 2 itu yang benar-benar sensitif yaa sob.. hati2 saat emosi, karena terkadang tak jarang anak dijadikan sebagai pelampiasan emosi..

Rama Arif Maulana said... Reply

nice Tips sob... :)
Sayangnya belum punya anak nih hehe
Maaf baru mampir

tutorial | ebook blogger gratis|software said... Reply

mmm makasih mas infonya ...bagus nich buat diterapkan..kebetulan anak saya baru 3 tahun