Tuesday, April 10, 2012

Cara Alami Mengatasi Insomnia

Kita Ketahui Jenis penyakit insomnia ada 3 yaitu :

1. Susah tidur (sleep onset insomnia)
2. Terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
3. Bangun lebih cepat (early awakening insomnia)

Beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :

Masalah psikis dan mental yang terganggu. Walaupun dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia. Ini mungkin dikarenakan semakin bertambah tua biasanya orang bertambah stres dan tekanan hidup
Memiliki penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.

Lingkungan tempat tinggal yang memang menganggu. (tetangga ribut, lampu menyala) Mempunyai kebiasaan buruk seperti minuman keras, kopi menjelang tidur dsb. Menggunakan ranjang untuk kegiatan lain seperti bekerja, membaca buku. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Supaya kalau tidur bawaannya ya ngantuk bukannya insomnia.Dan ada sebuah kabar burung bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit insomnia ini dibanding pria.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri atau Cara Alami Mengatasi Insomnia
  •     Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat tubuh kondisi siaga. Akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah ditentukan saat tidur dan bangun, seyogianya dipatuhi.
  •     Apabila seseorang termasuk sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya pada malam hari menjadi sulit tidur atau sering terjaga.
  •     Tempat tidur seyogianya digunakan untuk tidur, bukan untuk kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat dan sebagainya.
  •     Jangan menggunakan peralatan elektronik serta ponsel menjelang tidur.
  •     Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga . Latihan olahraga mendekati waktu tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.
  •     Hindarkan makanan dan minuman tertentu. Makanan kecil yang manis, sebaiknya dihindari sebelum berangkat tidur. Demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi hams dihindari, terutama sore hari.
  •     Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.
Rating: 4.5

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

3 Responses:

witono said... Reply

manatp gan,,,artikel yg menarik

Cara Mengatasi Insomnia said... Reply

Tips cara mengatasi Insomnia secara alami sangat bermanfaat, dari pada menggunakan obat-obatan yang justru memperburuk kondisi kesehatan.. karana insomnia dapat disebuhkan secara alami. Thank sob info@ bermanfaat.

cara alami mengobati Insomnia said... Reply

insomnia emang penyakit yg susah tidur,,,pola hidup sehat dan pola pikir kita menunjang tuk sembuh dari penyakit inomnis