Thursday, April 19, 2012

Kunci jawaban palsu beredar di hari pertama Ujian Nasional

Kunci jawaban palsu beredar di hari pertama Ujian Nasional (UN). Hal itu diakui oleh salah seorang siswa, peserta UN di Kota Jambi yang enggan disebutkan namanya, kemarin. Menurut dia, kunci jawaban tersebut didapatkannya melalui pesan singkat atau SMS.
  
“Itu SMS tak bertuan. Tapi jawabannya tidak benar. Ada banyak sms kunci jawaban yang masuk. Tapi, tidak ada satupun yang cocok,” ujarnya.
  
Disinggung seperti apa kunci jawaban tersebut, ia menjelaskan dalam UN yang dilaksanakan kemarin, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat 50 soal yang diujikan. Dijelaskannya, kunci jawaban dikirimkan kepadanya tersebut, ada 5 paket. Yaitu paket 17, 21, 36, 10 dan 56.
  
“Sedangkan yang tadi seingat saya, kode soalnya pakai huruf paket E-52. sedangkan SMS yang dikirimkan cuma angka, sementara di soal yang diujikan ada huruf di depannya (E-52, red),” jelasnya.
  
Ditanyakan apakah dirinya sudah mendapatkan kunci jawaban untuk soal UN besok (hari ini, red)" Dirinya mengaku belum mendapatkan. “Besok kami ujian Bahasa Inggris dan Fisika. Belum ada tahu ada kunci atau tidak. Sampai sekarang saya belum dapat SMS kunci jawaban,” sebutnya.
  
Salah seorang siswa lainnya, yang juga enggan disebutkan namanya juga mengaku bahwa dirinya mendapatkan SMS kunci jawaban UN 2012 ini. Dikatakannya, meski kunci jawaban itu beredar, namun tak dihiraukannya.
  
“Ada saya dapatkan SMS kunci jawaban. Tapi saya tahu kunci jawaban itu tidak benar. Lagi pula harus yakin kepada kemampuan diri sendiri,” katanya.
  
Ditanyakan, bagaimana ia tahu bahwa kunci jawaban yang didapatnya tersebut adalah palsu" Dijelaskannya, berdasarkan pengalaman yang sudah didapatkannya, dari mengisi kisi-kisi soal yang sudah diberikan pihak sekolah dan dipelajarinya jawaban yang dikirimkan itu memang tidak sama.
  
“Tadi saya ujian dapat paket D-49. Saya ingat dengan kisi-kisi soal yang sudah diberikan dan yang sudah saya pelajari itu tidak sama. Lagipula harus yakin dengan kemampuan diri sendiri,” katanya.

Ia menjelaskan, soal UN yang diujikan dengan soal try out memang tidak sama. Namun hampir mirip. “Memang dari kisi itu dengan soal yang diujikan tidak sama. Tapi soalnya hampir mirip dengan soal TO dan yang ada di buku-buku prediksi” ungkapnya.
    
Sementara itu, salah seorang siswa lainnya juga mengakui hal tersebut. SMS kunci jawaban palsu yang beredar ini memang sudah menyebar kemana-mana. Siswi salah satu SMA Negeri di Kota Jambi ini mengaku dalam pelaksanaan UN kemarin, dirinya mendapatkan paket soal c-89.
  
“SMS ataupun broadcast melalui BlackBerry sudah pastinya ada. Saya sendiri juga mendapatkan hal seperti itu. Namun saya tidak lantas langsung percaya. Saya kan juga sudah melakukan persiapan dan saya yakin dengan kemampuan diri saya sendiri,” akunya. (wsn)
-jpn.com

Rating: 5

Komentar Agan..!!

Silahkan Sobat Berkomentar atau Saran dan Kritik Silahkan sampaikan disini, Harap no spam, and no link. komentar akan dimoderasi dulu sebelum di tampilkan. semua komentar akan aproved, kecuali komentar yg masuk SPAM dan Komentar Kasar dan SARA. dan Terimakasih atas Kunjungan Sobat..

1 Responses:

yang penting share said... Reply

ew2 ada 2 aja nih,semoga gak ada yg terjebak dan nyesel seumur idup gara2 ini kunci palsu ehehe